Selasa, 16 Oktober 2012

Tugas Softskill Semester 5

Langkah-Langkah Manajer Dalam Mengelola Sumber Daya Fisik dan Sumber Daya Konseptual


A. Pendahuluan

Informasi (termasuk data) adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer, selain Manusia, Material, Mesin dan Uang. Sumber Daya Manusia, material, mesin dan uang digunakan istilah sumber daya fisik sedangkan informasi dan data dengan istilah sumber daya konseptual. Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain. Semakin besar skala operasi perusahaan, manajer semakin mengandalkan informasi dan sangat mungkin menganggap informasi sebagai sumber daya mereka yang paling berharga.

Sumber daya konseptual adalah informasi, informasi merupakan salah satu sumber dasar yang ada bagi para manajer yang mempunyai nilai, karena informasi akan memberikan sumber yang nyata dan akan lebih berperan bila suatu perusahaan bertambah besar.

Sumber Daya Fisik biasa dikenal dengan 4M (Man, Material, Machine, Money)Man adalah manusia atau tenaga kerja yang sangat berperan dalam operasional suatu perusahaan, Material adalah bahan dasar atau produk yang diunggulkan oleh perusahaan yang dapat memberikan dampak langsung pada keuntungan perusahaan, Machine(Mesin) adalah alat yang digunakan untuk memudahkan dan membantu perusahaan dalam mengerjakan kegiatan operasionalnya agar waktu yang digunakan lebih efektif dan efisisen, dan yang terakhir adalah MoneyMoney(Uang) sangat berperan dalam menyusun anggaran keuangan perusahaan, uang juga dapat mengukur apakah perusahaan tersebut mengalami profit atau loss.

Untuk lebih jelasnya tentang "Langkah-Langkah Manajer Dalam Mengelola Sumber Daya Fisik dan Sumber Daya Konseptual " simak pada pembahasan.


B. Pembahasan
Berikut ini adalah langkah-langkah manajer dalam mengelola sumber daya fisik dan sumber daya konseptual.

Langkah-langkah yang diambil manajer dalam mengelola sumber daya fisik, yaitu 
  • Sumber daya diperoleh dan disusun. Dengan menyusunnya manajer akan lebih mudah dalam mengevaluasi sumber daya tersebut. 
  • Memaksimalkan penggunaan sumber daya. Yang kedua ini sangat berpengaruh terhadap kegiatan operasional perusahaan, semakin maksimal sumber daya maka semakin meningkat profit yang dihasilkan.
  • Mengganti sumber daya pada saat kritis sebelum daya menjadi tidak efisien. 
Jenis Sumber Daya Fisik, yaitu 
  • Manusia. Ini bukan hanya berarti menentukan orang yang tepat untuk pekerjaan yang tepat, tetapi juga termasuk kemampuan seorang manajer untuk melakukan pendelegasian tugas, dan penilaian kinerja dan memimpin tim bawahannya. Kemampuan komunikasi merupakan kunci·   
  • Material. Mengelola material dapat memberikan dampak langsung pada keuntungan perusahaan, misalnya, terlalu banyak persediaan akan menyebabkan banyaknya modal yang terikat dalam persediaan, sebaliknya terlalu sedikit persediaan akan mengganggu kelancaran produksi karena kekurangan bahan baku. Hal ini bukan hanya memusingkan perusahaan manufaktur; perusahaan jasa yang kekurangan pena atau formulir pesanan, misalnya, atau sebuah perusahaan penyelenggara pelatihan yang kehabisan buku tulis atau kertas flip chart, juga akan mengalami kesulitan.
  • Mesin. Mesin digunakan untuk memudahkan atau membantu perusahaan mengerjakan sesuatu agar waktu yang di gunakan lebih efektif dan efisien , dengan ini mesin merupakan suatu sumber daya yang sangat penting dalam membantu semua pekerjaan dalam perusahaan.
  •  Uang. Anda harus mempunyai suatu sistem untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi yang berguna. Ini bisa berasal dari dalam maupun luar organisasi. Penggunaan ukuran kinerja yang diterima secara umum memungkinkan anda untuk membandingkan kinerja perusahaan anda dengan perusahaan lain. Anda juga harus menggunakan cara pendanaan alternatif lainnya dan membandingkan posisi dan kinerja saat ini dari cara-cara yang berbeda itu. Lakukanlah hal ini untuk jangka pendek, menengah, dan jangka panjang.
Langkah-langkah yang diambil manajer dalam mengelola Sumber Daya Konseptual, yaitu 

Manajer memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul dan kemudian diproses menjadi informasi yang berguna. Ia kemudian memastikan bahwa orang yang layak dalam organisasi menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat pada saat yang tepat sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatkan.

Tugas manajer adalah mengelola sumber daya ini agar dapat digunakan dengan cara yang  paling efektif. Manajer menggunakan sumber daya konseptual untuk mengelola sumber daya fisik.Manajer memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul dan kemudian diproses menjadi informasi yang berguna, kemudian manajer memastikan bahwa orangyang layak dalam organisasi menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat pada saat yang tepat sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatkan. Akhirnya manajer membuang informasi yang tidak berguna lagi dan menggantikannya dengan informasi yang terkini dan akurat. Seluruh aktivitas dalam memperoleh informasi, menggunakannya seefektif mungkin dan membuangnya pada saat yang tepat disebut Manajem Informasi.

Jenis Sumber Daya Konseptual, yaitu
  • Informasi     
Informasi adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer. Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain, dan perhatian pada topik ini bersumber pada dua pengaruh. pertama, bisnis telah menjadi semakin rumit. dan kedua, komputer telah mencapai kemampuan yang semakin baik.

Sumber daya fisik yang berada pada organisasi biasanya terbatas dan bisa habis atau punah. Sedangkan sumberdaya informasi bersifat “tidak” akan pernah habis. Sehingga semua sumberdaya, baik fisik maupun konseptual harus disinergikan. Oleh karena itu tugas dari manajer adalah mengarahkan penggunaan semua sumberdaya agar dapat dimanfaatkan secara efektif. Sebagai tindak lanjut dari tugas manajer tersebut, maka perlu adanya usaha penataan sumberdaya Manajemen termasuk didalamnya manajemen informasi, yakni berupa :
·     Sumber daya harus disusun sedemikian rupa sehingga setiap saat diperlukan dapat segera dimanfaatkan - perlu dilakukan modifikasi. Sumber daya harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Sumber daya harus selalu diperbaharui.
      
      C. Kesimpulan
    Sumber daya konseptual adalah informasi, informasi merupakan salah satu sumber dasar yang ada bagi para manajer yang mempunyai nilai, karena informasi akan memberikan sumber yang nyata dan akan lebih berperan bila suatu perusahaan bertambah besar. sedangkan Sumber Daya Fisik biasa dikenal dengan 4M (Man, Material, Machine, Money). Sumber daya fisik akan dikelola setelah diperoleh, agar saat diperlukan sumber daya tersebut siap digunakan secara maksimal, bila perlu diganti sebelum sumber daya tersebut menjadi tidak efisien. Sumber daya fisik dan konseptual diperoleh dan disusun agar siap digunakan saat diperlukan. 

      Manajer mengelola lima jenis sumber daya
  •            Manusia
  •            Material
  •            Mesin (termasuk fasilitas dan energy)
  •            Uang
  •            Informasi (termasuk data)

Empat jenis sumber daya yang pertama merupakan sumber daya fisik karena memiliki wujud , sedangkan informasi adalag sumber daya konseptual. Para manajer menggunakan sumber daya konseptual untuk mengelola sumber daya fisik agar dapat digunakan dengan cara yang paling efektif.
Manajer memastikan bahwa data mentah akan diproses secara optimal agar diperoleh informasi yang berguna. Manajer memastikan orang layak dalam organisasi menerima informasi dalam bentuk yang tepat dan saat yang tepat agar dapat dimanfaatkan, kemudian manajer mengganti informasi yang tidak berguna dan menggantikannya dengan infromasi yang baru dan akurat.

     http://www.scribd.com/doc/57504550/11/A-Pengelolaan-sumber-daya-oleh-manajer 
 imam.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/.../SIM1-Pengenalan.pd...
     sri_wiji.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/.../Modul+1+SIM.doc



     
      




Rabu, 20 Juni 2012

TUGAS SOFFSKILL 4

1.      Jenis – jenis perencanaan dalam organisasi wirausaha ?

 Jenis-jenis perencanaan dibagi menjadi dua, yaitu :
1. Perencanaan strategis. Perencanaan ini adalah perencanaan jangka panjang yang dipusatkan pada organisasi secara menyeluruh. Wirausahawan memandang organisasi sebagai suatu unit total dan memutuskan apa yang hendak dilakukannya dalam jangka panjang untuk mencapai tujuan organisasinya. perencanaan jangka panjang(dalam kurun waktu 3- 5 tahun mendatang) yang dipusatkan pada organisasi secara keseluruhan  
2. Perencanaan taktis adalah perencanaan jangka pendek yang menekankan pada operasi berbagai bagian organisasi yang sedang berjalan. Wirausahawan menggunakan  sistem rencana ini untuk menguraikan apa yang harus dilakukan oleh berbagai bagian organisasi untuk mencapai keberhasilan dalam kurun waktu satu tahun atau kurang dari satu tahun. 
3. Perencanaan dan Tingkat Manajemen . Manajemen adalah puncak dari suatu organisasi, mempunyai tanggung jawab utama untuk melihat apakah perencanaan sudah dilaksanakan atau tidak. 

2.      Pendekatan dalam perencanaan organisasi wirausaha ?

pendekatan dalam perencanaan organisasi wirausaha ada 3, yaitu :
1. Pendekatan probabilitas tinggi
Pendekatan ini di dasarkan pada filsafat seharusnya terdapat probabilitas tinggi bahwa organisasi agak bisa mencapai keberhasilan. Dan perencanaan ini menggunakan pendekatan probabilitas tinggi yang ditujukan langsung untuk menjamin tingkat keberhasilan yang bisa diterima.
2. Pendekatan maksimisasi
Pendekatan ini di dasari pada filsafat bahwa organisasi hendaknya mencapai keberhasilan sebesar mungkin. Dari sudut pandang ini, perencana tidak puas dengan karakteristik tingkat keberhasilan yang bisa diterima dari pendekatan probabilitas tinggi tetapi menekankan pada maksimisasi keberhasilan.
3. Pendekatan adaptasi
Pendekatan yang menekankan bahwa perencanaan yang efektif dipusatkan pada usaha membantu organisasi untuk berubah atau menyesuaikan diri dengan variabel eksternal dan internal. Pendekatan ini di dasari oleh filsafat bahwa suatu ketidakmampuan beradaptasi adalah kendala besar bagi keberhasilan organisasi.

3.      Alat – alat perencanaan dalam organisasi wirausaha/wiraswasta ? 

Alat-alat perencanaan adalah teknik yang digunakan wirausahawan untuk membantu mengembangkan rencana-rencana . alat- alatnya yaitu :
1. Peramalan (forecasting) adalah teknik prediksi terjadinya lingkungan masa depan yang akan mempengaruhi operasi organisasi. Arti penting dari peramalan terletak pada kemampuannya untuk membantu wirausahawan mengerti dengan lebih baik perbaikan masa depan dari lingkungan organisasional, yang pada gilirannya membantu wirausahawan untuk merumuskan rencana-rencana yang lebih efektif
2. Metode Analisa Runtun Waktu ( time series analysis method ) 
Metode analisia runtun waktu memprediksi penjualan dimasa mendatang dengan menganalisa hubungan historis antara waktu dan penjualan . Informasi  menun jukan hubungan antara waktu dan penjualan bisa disajikan dalam bentuk grafik . Penyajian ini dengan jelas menunjukan kecenderunagn dimasa lalu , yang bisa digunakan untuk meramal penjualan dimasa mendatang .
3. Penjadwalan (scheduling) 
Pada dasarnya penjawalan adalah proses perumusan daftar aktivitas yang mendetail yang harus di laksanakan untuk mencapai tujuan organisasdi. Daftar aktivitas tersebut merupakan bagian integral dari rencana organisasional.peta Gannt (Gannt Chart) dan analisa network adalah dua teknik penjadwalan yang akan dibahas pada paragraf berikut
4. Peta Gannt (Gannt Chart)
Peta Gannt adalah peralatan penjadwalan yang dikembangkan oleh Henry L. Gannt. Peta ini pada dasarnya diagram balok (bar graph) dengan waktu pada sumbu harisontal dan sumber daya yang dijadwalkan beradA pada sumber vertikal. Teknik Evaluasi dan Telaah pragram (PERT),suatu teknik yang berasal sebagian dari teknik peta grannt, adalah alat penjadwalan yang dirancang untukmenekankan pada saling hubungan diantara tugas-tugas.
5. Jalur Kratis (CriticalPath)
Perhatian hendaknya dipusatkan pada jalur kritis dari jaringan PERT.Jalur kritis adalah rangkaian dari peristiwa dan aktivitas yang memerlukan periode waktu paling lama untuk diselesaikan.Julur ini di namakan jalur kritis karna penundaan pada waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan rangkaian ini akan menyebabkan penundaan pada proyek.

4.      Teori organisasi wirausaha ? 

1. Neo Klasik, teori ini memandang perusahaan sebagai sebuah istilag teknologis, dimana manajemen (individu-individu) hanya mengetahui biaya dan penerimaan perusahaan dan sekedar melakukan kalkulasi matematis untuk menentukan nilai optimal dari variabel keputusan. 
2. Schumpeter’s entrepreneur, Menurutnya, untuk mencapai keseimbangan diperlukan tindakan dan keputusan aktor (pelaku) ekonomi yang harus berulang-ulang dengan “cara yang sama” sampai mencapai keseimbangan. Jadi kata kuncinya “berulang dengan cara yang sama”, yang menurut Schumpeter disebut “situasi statis”, dan situasi tersebut tidak akan membawa perubahan. Schumpeter berupaya melakukan investigasi terhadap dinamika di balik perubahan ekonomi yang diamatinya secara empiris akhirnya beliau menemukan unsur eksplanatory-nya yang disebut “inovasi“. Dan aktor ekonomi yang membawa inovasi tersebut disebut entrepeneur. Jadi entrepreneur adalah pelaku ekonomi yang inovatif yang akan membuat perubahan.  
3. Austrian School, Mengutip Adaman dan Devine (2000), masalah ekonomi mencakup mobilisasi sosial dari pengetahuan yang tersembunyi (belum diketahui umum) yang terfragmentasi dan tersebar melalui interaksi dari kegiatan para entrepreneur yang bersiang. Penemuan pengetahuan tersembunyi merupakan proses perubahan yang berkelanjutan. Dan proses inilah yang merupakan titik awal dari pendekatan Austrian terhadap kewirausahaan. Ketika dunia dipenuhi ketidakpastian, proses tersebut kadang mengalami sukses dan gagal. Namun seorang entrepreneur selalu berusaha memperbaiki kesalahannya.  
4. Kirzerian Entrepreneur, Kirzer memakai pandangannya Misesian tentang “human action” dalam menganalisis peranan entrepreneural. Singkat kata, unsur entrepreneur dalam pengambilan keputusan manusia dikemukan oleh Om Kirzer Dan dengan memanfaatkan pengetahuan yang superior inilah seorang entrepreneur bisa menghasilkan keuntungan. Petuah lainnya adalah “This insight is simply that for any entrepreneurial discovery creativity is never enough: it is necessary to recognize one’s own creativity“. 
5. Teori Entrepreneur dari perspektif individu , Beberapa di antaranya adalah : (1) life path change, (2) Goal DirectedBehaviour, dan (3)Outcome expectancy.

5.      Departementalisasi rentang manajemen ?

Proses pembentukan manajemen disebut departementalisasi. Pembentukan departemen – departemen tersebut umumnya didasarkan pada faktor situasional  seperti fungsi-fungsi kerja yang dilaksanakan, produk yang dibuat, daerah yang diliput, sasaran konsumen, danproses yang dirancang untuk pembuatan produk.
Rentang manajemen menunjuk pada jumlah individu yang diawasi oleh wirausahawan. Semakin banyak individu yang diawasi wirausahawan makin besar pula rentang manajemen begitupula sebaliknya.
Rentang manajemen dinamakan juga rentang kekuasaan (span of authority ), rentang pengawasan (span of control), rentang supervisi (span of supervision), dan rentang tanggungjawab (span of responsibility).


6.      Bagaimana tentang pengembangan organisasi wirausaha ?
  
1. Strategi untuk mengubah nilai-nilai daripada manusia dan juga struktur organisasi sehingga organisasi itu dapat beradaptasi dengan dengan lingkungannya.
2. Suatu penyempurnaan yang terencana dalam fungsi menyeluruh (nilai dan struktur) suatu organisasi.
3. Pengembangan organisasi merupakan suatu proses yang meliputi serangkaian perencanaan perubahan yang sistematis yang dilakukan secara terus-menerus oleh suatu organisasi.
4. Pengembangan organisasi merupakan suatu pendekatan situasional atau kontingensi untuk meningkatkan efektifitas organisasi
5. Pengembangan organisasi lebih menekankan pada system sebagai sasaran perubahan.
6. Pengembangan organisasi meliputi perubahan yang sengaja direncanakan

7.      Norma dan etika bisnis ?

Menurut zimmer (1996:20) , etika bisnis adalah suatu kode etik perilak pengusaha berdasarkan nilai-nilai moral dan norma yang dijadikan tuntunan dalam membuat keputusan dan memecahkan persoalan.
Ebert dan icky M Griffin (200:80), etika bisnis adalah istilah yang sering digunakan untuk menunjukkan perilaku etika dari seorang manajer atau karyawan suatu organisasi.
Jadi, Etika bisnis adalah suatu kode etik perilaku pengusaha berdasarkan nilai-nilai moral dan norma yang dijadikan tuntunan dalam berusaha dan memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi dalam suatu perusahaan.
Selain etika dan perilaku, yang tidak kalah penting yang dalam bisnis adalah norma etika. Menurut Zimmerer (1996:22), ada tiga tingkatan norma etika, yaitu :
  1. Hukum, berlaku bagi masyarakat secara umum yang mengatur perbuatan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Hukum hanya mengatur perilaku minimum.
  2. Kebijakan dan prosedur organisasi, memberi arah khusus bagi setiap orang dalam organisasi dalam mengambil keputusan sehari-hari. Para karyawan akan bekerja sesuai dengan kebijakan dan prosedur perusahaan / organisasi.
  3. Moral sikap mental individual, sangat penting untuk menghadapi suatu keputusan yang tidak diatur oleh aturan formal
8.      Prinsip – prinsip etika dan perilaku bisnis ?

ada 8 prinsip-prinsip etika dan perilaku bisnis ,yaitu :
1.   Kejujuran (Honesty) 
2. Memegang prinsip (Integrity)
3. Memelihara janji (Promise Keeping) 
4. Kesetiaan (Fidelity)
5. Kewajaran (Fairness)
6. Suka membantu orang lain (Caring for other)
7. Hormat kepada orang lain (Respect for other) 
8. Warga negara yang bertanggung jawab (Responbility citizenship)  
9. Mengejar keunggulan (pursuit of excellence) 
10.Dapat dipertanggungjawabkan (accountability)

 9.      Cara – cara mempertahankan standar etika bisnis dalam wirausaha ?
 
Cara-cara memepertahankan standar etika bisnis dalam wirausahaan ada 10 :
1. Menciptakan kepercayaan perusahaan. Hal ini akan menetapkan nilai-nilai perusahaan yang mendasari tanggung jawab etika bagi stakeholder. 
2. Mengembangkan kode etik yaitu suatu catatan tentang standar tingkah laku dan prinsip-prinsip etika yang diharapkan perusahaan dari karyawan. 
3. Menjalankan kode etik secara adil dan konsisten
4. Melindungi hak perorangan
5.  Mengadakan pelatihan etika 
6. Melakukan audit etika secara periodi
7. Mempertahankan standar yang tinggi tentang tingkah laku, jangan hanya aturan 
8. Menghindari contoh etika yang tercela setiap saat dan diawali dari atasan 
9. Menciptakan budaya yang menekankan komunikasi dua arah 
10.Melibatkan karyawan dalam mempertahankan standar etika

10.    Macam – macam tanggungjawab perusahaan terhadap wirausaha ?

Menurut Zimmerer (1996) ada 5 tanggungjawab perusahaan, yaitu :
  1. Tanggungjawab terhadap lingkungan . 
  2. Tanggungjawab terhadap karyawan, seperti menghormati pendapat karyawan, dan memberi umpan balik.
  3. Tanggungjawab terhadap pelanggan, seperti menghasilkan harga yang adil dan layak, menghasilkan barang/jasa yang bermutu tinggi dan tidak merugikan.
  4. Tanggungjawab kepada investor berupa menyediakan pengembalian investasi yang menarik dengan memaksimumkan laba dan melaporkan kinerja keuangan seakurat dan setepat mungkin.
  5. Tanggungjawab kepada masyarakat . Menyediakan dan menciptakan kesehatan dan menyediakan berbagai kontribusi terhadap masyarakat yang berada di sekitar lokasi perusahaan.



 referensi : 
http://alfiah-18.blogspot.com/2012_06_01_archive.html
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/kewirausahaan/bab10-perencanaan_organisasi_kewirausahaan.pdf
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/kewirausahaan/bab11-dasar_dasar_pengorganisasian.pdf
http://naddiiiaaa.wordpress.com/2012/06/18/tugas-softskill-ke-4-6/






Kamis, 31 Mei 2012

TUGAS SOFTSKILL 3

 1.  Pembiayaan usaha baru sumber berasal dari mana ?

  1. Dana internal : merupakan dana yang berasal dari internal perusahaan (cash flow internal: seperti laba dan akumulasi penyusutan) atau pun berasal dari penjualan aset usaha dan atau aset pribadi.
  2. Dana investor : merupakan sumber dana dari pihak eksternal yang tertarik berinvestasi pada bisnis atau usaha yang sedang dan atau akan dijalankan. Dana investor dapat berupa pinjaman perusahaan, investasi langsung, kerjasama investasi, atau pun pembelian saham.
  3. Dana Suplier : merupakan sumber dana yang tidak secara langsung terlihat sebagai fisik uang, namun sumber dana dari suplier berupa fasilitas tempo pembayaran yang lebih panjang. Sumber dana suplier biasanya terjadi jika sudah terdapat kepercayaan yang besar kepada kunsumennya.
  4. Dana Lembaga Keuangan : lembaga keuangan di maksud dapat berupa Bank, atau pun lembaga-lembaga pembiayaan lainnya.
2.  Masalah-masalah dalam pencarian modal yang terjadi dalam wirausaha?

     Masalah yang sering terjadi tersebut adalah:
  1. Kurangnya pengalaman serta keseriusan dalam menjalankan suatu usaha
  2. Kurangnya hubungan antara para sumber modal
  3. Adanya kinerja atau konsep perusahaan yang meragukan
  4. Adanya masalah perusahaan yang kurang serius dalam menindaklanjuti
3.  Penentuan hubungan financial wirausaha / perusahaan ?
    
 Penentuan hubungan financial perusahaan dilakukan dengan :
 1. Penentuan kebutuhan kas untuk memulai usaha
 a. Pendekatan pendapatan, mengembangkan jumlah modal yang diperlukan untuk menghasilkan                sejumlah tertentu pendapatan tahunan.
 b. Pendekatan tingkat sewa, menentukan jumlah penjualan dan kemudian modal yang dibutuhkan untuk mendukung sewa yang dimaksud
 c. Pendekatan kas yang tersedia, dimulai dengan jumlah modal yang dimaksdu untuk menentukan pendapatan yang mungkin dari penggunaan yang efisien
    
 2. Penentuan kebutuhan kas bagi perusahaan yang sudah ada, dilakukan dengan :
     a. Membuat proyeksi laporan laba rugi
     b. Membuat neraca dan arus kas
     c. Membuat ringkasan kebutuhan dan penggunaan kas
     d. Menentukan bagian dari kas total yang dibutuhkan untuk dibiayai dengan modal ventura

4.  Penetapan kelayakan usaha baru ?

     Begitu banyaknya dana yang dikeluarkan didalam memulai usaha baru,begitu juga yang mengalami         kebangkrutan dalam satu atau dua tahun,sehingga hanya sedikit yang berhasil dalam usahanya.Salah satu factor yang menyebabkan kegagalan usaha baru adalah kendali wirausahawan.
Alasan utama kegagalan usaha baru adalah:
  1.    Pengetahuan pasar yang tidak memadai
  2.    Kinerja produk yang salah
  3.    Usaha pemasaran dan penjualan yang tidak efektif
  4.    Tidak disadarinya tekanan persaingan
  5.    Keusangan produk yang terlalu cepat
  6.    Waktu memulai usaha baru yang tidak tepat
  7.    Kapitalisasi yang tidak memadai,pengeluaran operasi yang tidak diprediksi,investasi yang berlebihan    pada asset tetap,dan kesulitan keuangan.
5.  Analisa kelayakan teknisnya ?

 Setiap gagasan kewirausahaan baik produksi barang ataupun jasa mempunyai aspek tekhnis yang harus    dianalisa sebelum usaha implementasi gagasan dilaksanakan.Ada 2 langkah penting didalam proses ini yaitu:
  1. Identifikasi Spesifikasi Tekhnis Penting Evaluasi gagasan usaha baru dimulai dengan Identifikasi Persyaratan tekhnis yang kritis tehadap pasar dan karenanya perlu untuk memenuhi harapan dari pelanggan potensial.
  2. Pengembangan dan Uji Coba Produk Merupakan studi rekayasa,uji laboratorium,evaluasi bahan baku alternative.Untuk setiap tahap pengujian hasil negatif dan positif harus ditimbang dan dilakukan penyesuaian yang perlu.


6. Penilaian kemampun organisasi ?


   Pada penilaian kemampuan organisasional terdapat 2 point penting yaitu:
  1.   Penentuan kebutuhan personalia dan perancangan struktur organisasi awal
  2.   Perbandingan kebutuhan dan ketersediaan personalia

 7. Analisa persaingan dalam wirausaha ?

    Analisa Pesaing meliputi kegiatan:

  1.  Mengidentifikasi pesaing. 
  2.  Menentukan sasaran pesaing. 
  3.  Identifikasi strategi pesaing 
  4.  Analisa kekuatan dan kelemahan pesaing. 
  5.  Identifikasi reaksi pesaing. 
  6. Strategi menghadapi pesaing. 
8. Apa yang dimaksud dengan waralaba  hak guna usaha dan resikonya serta syarat dan      Persetujuan waralaba ?

Franchise adalah  pihak yang membayar royalti dan biaya lainnnya yang dipersyaratkan oleh franchisor       untuk dapat menggunakan merk dagangnya serta sistem bisnis yang dirancang oleh franchisor.

Resiko Investasi Dalam Usaha Franchising
Perusahaan franchisee menghadapi resiko yang relatif lebih rendah (lebih terukur)
Perusahaan franchisee dibebani :
a.Pajak
b.pembayaran royalti
c.kurang bebas dalam pengelolaan/pengoperasian
d.perusahaan Franchisor (pemilik hak guna paten) mungkin bertindak sebagai penyalur tunggal dari beberapa perlengkapan

Syarat dan persetujuan waralaba
Ada beberapa persetujuan dalam hak guna paten :
a.franchising : sistem pemasaran yang mencakup 2 pihak, yang terikat dalam perjanjian legal, dimana salah satu pihak di dalam kontrak yang menspesifikasikan metode yang harus diikuti dan dipenuhi pihak lain
b. franchising produk dan merek
c. franchising format : franchisee mendapat seluruh sistem pemasaran dan petunjuk dari franchisor
d. master license/sebagai penerima izin utama : (perusahaan / pribadi bertindak sebagai agen penjual untuk menemukan franchisee baru

Syarat melakukan Waralaba Franchise yaitu :
a. Memilki ciri khas usaha misalnya merek produk yang kita jual
b. Perusahaan harus membukukan keuntungan selama minimal 2 tahun
c. Wajib memilki standar operasi pelayanan usaha
d. Harus memperhatikan adanya kesinambungan usaha



Referensi :
http://ariefnd.wordpress.com/2012/01/04/pembiayaan-usaha-baru-yang-berkembang/
http://binaukm.com/2010/12/sumber-sumber-pembiayaan-usaha/
http://organisasi.org/perencanaan-bisnis-kewirausahaan-ringkasan-rangkuman-resume-ekonomi-manajemen






Minggu, 27 Mei 2012

ABOABE Shop




ABOABE COLLECTIONS
ONE STOP SHOPPING

       Selamat datang di online shop ABOABE COLLECTIONS ,tampil lebih modis dengan melengkapi penampilan anda menggunakan produk sepatu dari kami , maka anda akan terlihat lebih fashionable.
disini kami menyediakan berbagai macam sepatu yang pasti sesuai dengan gaya dan pilihan anda, semua tipe sepatu yang kami jual dapat dipadu padankan dengan pakaian yang anda pakai .
produk yang kami tawarkan sangatlah berguna bagi kaum wanita ,tersedia berbagai macam warna dan motif yang kami tawarkan dengan kualitas yang bagus serta kenyamanan saat memakainya dan sudah pasti anda akan terlihat lebih cantik jika memakainya.

       Di bawah ini adalah beberapa contoh gambar produk kami yang bisa menjadi referensi belanja anda, CEKIDOT !!!







RED-RAINDROP-SHELLEA


SMOOTH LEATHER BLUE OWL SILVER


 

Smoothleather Brokenwhite wave



Suede lighttosca button
 Raindrop black

Suede beludru green butterfly










RAINDROPS TOSCA ETNIC






SATIN PURPLE MATAHARI GOLD




ALL ITEM IDR. 150.000



 
NOTES
1. Barang yang tersedia SEMUANYA READY STOCK dan ada beberapa quick PO 
2. Harga blm termasuk ongkos kirim (besar ongkir tergantung dari jasa pengiriman ke wilayah masing2), VIA TIKI/JNE.
3. Untuk tanya2, bisa comment langsung di foto atau PM.

4. Pengiriman barang akan diproses apabila customer SUDAH melakukan pembayaran via Mandiri dan JANGAN LUPA KONFIRMASI jika sudah melakukan pembayaran (jika lebih dari 1X24 jam customer TIDAK MEMBAYAR ATAU MEMBERI KONFIRMASI, maka orderan dianggap batal ya)

5. Barang yang sudah dikirim TIDAK DAPAT di retur dengan alasan apapun! karena sebelum barang di kirim qt sudah mengecek dan mencoba terlebih dahulu.

6. Lamanya barang akan sampai ke tempat tujuan tergantung dari lokasi yang dituju. untuk JNE REG biasa sekitar 1-2 hari

* jangan lupa untuk konfirmasi/sms apabila barang sudah diterima (PLEASEEE) :)

NO BARGAIN! FIX PRICE.

FOR SERIOUS BUYER inbox or sms k'no 087877386998 dengan format :
* nama
* alamat
* kota
* no hp
* pesanan

PIN BB *ask me*
჊(。◕‿◕。)჊

Happy shopping guyssss! ჊(。◕‿◕。)჊

♫•*¨*•.¸¸❤ABOABE COLLECTIONS❤¸¸.•*¨*•♫



REFERENSI :  
http://www.facebook.com/TOWNSHOES?sk=timeline
Izzi Shoes : bbm group


















Jumat, 18 Mei 2012

AGAR PERSAHABATAN TETAP SEHAT


Seorang sahabat ,siapa pun dia adalah juga manusia biasa. Seperti kita, sahabat pun punya kekuarngan dan keterbatasan yang harus dimengerti dan dihormati. Tapi sayang, tidak semua orang mau menyadari hal tersebut. Maka tidak heran kalau banyak persahabatan yang harus kandas ditengah jalan. Kadang penyebabnya adalah hal-hal sepele yang sebenarnya bisa dihindari. Seringkali kerikil-kerikil tajam jadi batu sandungan yang bisa berakibat fatal bila kita tak cukup arif menyikainya. Padahal, untuk menjalin persahabatan tetap sehat dan bugar, hindari kerikil-kerikil tajam tersebut dengan cara :
1.       Tetap menghargai sebagai pribadi
Jangan pernah menganggao dia sebagai milik kita seorang. Ingat, dia tetap seorang prinadi yang punya kehidupan sendiri. Diluar persabahatan dia juga punya keluarga, punya orang tua, adik, teman, pacar, dan pergaulan lainnya untuk melakukan apapun yang dia mau. Jadi, jangan pernah mengekang, mengatur, atau banyak menurut. Dan kita harus menerima kalau suatu saat dia tidak selalu bersama kita.

2.       Tetap bersikap ramah dan sopan
Sama halnya dengan pergaulan pada umumnya , dalam persahabatn pun punya yang namanya tata karma atau sopan santun itu perlu. Ini penting untuk menghindari adanya pihak-pihak yang merasa dirugikan atau disakiti. Hubungan yang sudah sangat dekat dan akrab pun bukan berarti kita bisa bertindak seenaknya. Misalnya, barang pinjaman jangan dijadikan setiap batang itu seperti mili pribadi, kasih ucapan selamat di hari-hari istimewanya, telepon dulu sebelum dating ke rumahnya, jangan ragu untuk sekedar berucap maaf atau terimakasih. Sedekat-dekatnya kita dengan sahabat yang namanya sopan santun penting. Lagi pula tidak selamanya suasana hati selalu baik, adakalanya stress, cape, bĂȘte , bersemayam dalam diri setiap orang. Karena itu sekali lagi, jaga sikap.

3.       Dapat menahan diri
Bila muncul persoalan diantara kita dan sabahat, jangan bertindak sendiri tanpa sepengetahuan sahabat. Sebaliknya seleseikan semua persoalan dengan rembukan terlebih dahulu. Dengar pendapatnya, pahami isi pikiran nya. Sebisa mungkin kita harus menahan perasan, jangan cepat emosi, atau tersinggung. Bicarakan segalan sesuatunya secara terbuka. Jangan egois, jangan memaksakan kehendak sendiri, kalau itu yang terjadi apalah artinya seorang sahabat.

Ref  : majalah SMP Martia Bakti